Jember, 4 Oktober 2024 – Fakultas Hukum Universitas Jember (FH UNEJ) sukses menyelenggarakan acara Alumni Talk Series Spesial dalam rangka memperingati ke-60 tahun berdirinya FH UNEJ. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan, motivasi, serta tips karier kepada para mahasiswa melalui pengalaman yang dibagikan oleh para alumni yang telah sukses dalam berbagai bidang profesi hukum.

Dalam beragam rangkaian pembuka dalam acara tersebut ditampilkan termasuk penayangan video teaser Dies Natalis ke-60 FH UNEJ diputar sebagai bagian dari perayaan ini. Dekan FH UNEJ, Prof. Bayu Dwi Anggono secara resmi membuka acara dengan menyapa para narasumber alumni, tenaga pengajar, dosen, panitia, serta mahasiswa yang hadir.

Dalam sambutannya, Prof. Bayu menegaskan bahwa acara ini bukan sekadar perayaan ulang tahun FH UNEJ ke-60, tetapi juga merupakan bentuk apresiasi atas prestasi FH UNEJ yang telah dicapai termasuk pencapaian dalam seleksi SNBT dan SNBP 2024. Ia menegaskan bahwa capaian yang diraih FH UNEJ tidak lepas dari kontribusi dan kiprah dari para alumninya. Kiprah para alumni yang telah sukses dalam berbagai bidang profesi pengabdian terutama dalam bidang profesi hukum.

“Yang menjadi Spesial dari Alumni Talk Series kali ini, tentu karena diselenggarakan dalam rangka HUT FH UNEJ ke-60 tahun. Selain itu biasanya program ini di konsep hanya mengundang satu alumni sebagai Narasumber dari berbagai bidang profesi, pelaksanaan dari program ini biasanya online. Namun Alumni Talk Series kali ini pembiacaranya 4 orang dari bidang profesi yang berbeda dan diselenggarakan secara langsung di Auditorium FH UNEJ” Ujar Bayu Dwi Anggono, Dekan sekaligus Guru Besar FH UNEJ tersebut.

Lanjut dekan, kehadiran mereka diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk mengikuti jejak sukses para alumni ini. Dekan juga menggarisbawahi bahwa FH UNEJ tidak perlu mencari inspirasi dari universitas lain karena alumninya sendiri sudah menjadi sosok-sosok yang inspiratif.

Setelah sambutan usai, pada kegiatan tersebut dilakukan penyerahan Cinderamata dan sertifikat kepada para narasumber yang diberikan langsung oleh para pimpinan FH UNEJ yang di pandu langsung oleh Dekan FH UNEJ. Gatot Tri Waluyo, S.H., M.Kn., Ahmad Nuril Alam, S.H., M.H., Dr. Heru Setiyono, S.H., M.H., dan Puji Harian, S.H., M.Hum. keempat alumni yang menjadi narasumber dalam Alumni Talk Series tersebut. ”

Disela-sela kegiatan tersebut juga menampilkan hiburan dengan penampilan solo vokal dari mahasiswa, yang turut meramaikan dan menambah kesan semarak pada acara tersebut. Kemudian giat tersebut dilanjutkan dengan acara inti pemaparan dari para narasumber dengan dimoderatori oleh salah satu dosen FH UNEJ Evityta Rosiyanti, S.H., LLM.

Pemaparan materi dimulai dari penyampaian Heru Setiyono yang saat ini menjabat sebagai Majelis Pengawasan Konsultasi Kekayaan Intelektual. Alumni angkatan 1980 tersebut,  membagikan pengalamannya bahwa selain seorang Advokat ia menjadi konsultan HAKI sejak tahun 1993. Narasumber lainnya Gatot Tri Waluyo yang saat ini menjadi pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang kini sukses sebagai notaris PPAT di Surabaya. Alumni angkatan 1986 tersebut berbagi cerita tentang perjalanan kariernya, kisah inspiratifnya tentang dedikasi dan kerja keras dalam mencapai kesuksesan menjadi motivasi bagi peserta yang hadir.

Bapak Ahmad Nuril Alam yang saat ini menjabat Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo, menyampaikan materi melalui video animasi yang menggambarkan tugas-tugas kejaksaan negeri. Ia menekankan pentingnya tekad dan niat kuat dalam mencapai tujuan, terutama bagi generasi muda yang ingin meraih kesuksesan. Pemaparan terakhir disampaikan oleh Bapak Puji Harian yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Ambon. Dengan pengalaman yang luas, termasuk sebagai Ketua Pengadilan Gresik dan Jakarta Utara, ia membagikan tips berharga bagi mahasiswa yang ingin menjadi hakim, memberikan panduan praktis untuk menghadapi tantangan di profesi ini.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk menggali lebih dalam mengenai pengalaman para alumni. Alumni Talk Series Spesial ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian peringatan 60 tahun FH UNEJ, memberikan kontribusi nyata dalam membekali mahasiswa dengan inspirasi dan motivasi untuk menghadapi dunia profesional. Dengan semangat kebersamaan dan sinergi antara alumni dan mahasiswa, FH UNEJ terus berkomitmen untuk mencetak generasi penerus yang unggul di bidang hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *