Kemahasiswaan

Kehidupan mahasiswa didesain secara berkesinambungan dengan dukungan layanan yang menunjang kebutuhan mahasiswa dalam aktivitas akademik dan non-akademik. Mahasiswa berkesempatan mengembangkan minat dan bakat, ditunjang dengan layanan kesehatan, kewirausahaan dan prospek karir dan kepemimpinan. Untuk mendukung kampus yang dinamis dan multifaset, aktivitas terwadahi dalam unit kegiatan mahasiswa(UKM), himpunan bagian (HMB) dan himpunan program studi (Himaprodi).

Profil Alumni

Layanan

Layanan kepada mahasiswa memperhatikan fasilitas bagi disabilitas sebagai pengembangan pendidikan inklusi. Layanan ini mencakup bimbingan & konseling, beasiswa & kesehatan, minat & bakat, softskills yang berfokus pada pembinaan kepemimpinan, dan kewirausahaan & prospek karir. 

Minat dan bakat mahasiswa mencakup kegiatan akademik maupun non akademik.

Kegiatan akademik berupa penalaran untuk mendorong kemampuan kritis mahasiswa baik tingkat nasional dan internasional, seperti konferensi kepenulisan/publikasi, kompetisi debat hukum, kompetisi peradilan semu, kompetisi legislative drafting maupun contract drafting, serta kegiatan lainnya yang berfokus pada pengembangan kapasitas mahasiswa.

Kegiatan non-akademik juga menjadi komponen penting dalam pengembangan minat bakat yang mencakup bidang olahraga, seni dan budaya, keagamaan, maupun kewirausahaan, advokasi dan kemasyarakatan.

Secara umum, minat & bakat ini terwadahi dalam organisasi mahasiswa. Mahasiswa yang merasaminat dan bakatnya masih belum terwadahi dapat berkonsultasi kepada Tim Peningkatan dan Percepatan Prestasi.

Dukungan dalam bidang penalaran dan minat bakat terorganisasi oleh Tim Peningkatan dan Percepatan Prestasi dan pembinaan terhadap organisasi mahasiswa sebagai berikut:

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

  1. Asian Law Students' Association
  2. Bahana Justitia
  3. Forum Kajian Keilmuan Hukum
  4. Gymnastic
  5. IMPA Akasia
  6. Jantung Teater
  7. Lembaga Ilmiah
  8. LPM Imparsial
  9. Paduan Suara Mahasiswa
  10. Studi Islam Berkala

Himpunan Mahasiswa Bagian (HMB)

  1. Civil Law Community
  2. Criminal Law Students  Association
  3. Ikatan Mahasiswa Hukum Tata Negara

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI)

  1. Himpunan Mahasiswa MIH
  2. Himpunan Mahasiswa Kenotariatan

Bimbingan dilaksanakan di tingkat Prodi Ilmu Hukum FH UNEJ, sedangkan konseling dilakukan secara terpusat di tingkat universitas oleh LP3M dibawah bimbingan Psikolog yang memberikan layanan bagi mahasiswa yang memiliki masalah. Untuk bimbingan akademik, dilakukan secara fungsional oleh Dosen Pembina Akademik (DPA) dan untuk bimbingan skripsi oleh Dosen Pembimbing skripsi. Pelaksanaan bimbingan dilaksanakan di kampus pada jam kerja. Bimbingan ini juga didukung dengan fasilitas layanan pada SISTER UNEJ. Mahasiswa juga dapat mengakses University Customer Care Center (UC3), yakni sistem pelayanan pengaduan keluhan sivitas akademik di lingkungan UNEJ.

Berdasarkan data dari Lembaga konseling UNEJ, sampai dengan tahun TS tidak ada mahasiswa FH yang menghadapi masalah berat yang harus mendapatkan pendampingan konseling, hal ini disebabkan karena proses pembimbingan dengan Dosen Pembimbing Akademik (DPA) telah berjalan optimal sehingga permasalahan mahasiswa yang terkait dengan bidang akademik dapat diselesaikan melalui proses DPA.

Beasiswa
FH UNEJ menyediakan akses dan mendukung mahasiswa mendapatkan Beasiswa Unggulan, Bidikmisi, PPA, BBM, Djarum, Bank Indonesia, LPDP, Fungsionaris Mahasiswa, Banyuwangi Cerdas, dan OSI. Beasiswa internal yang bisa diakses oleh mahasiswa yaitu Beasiswa Mahasiswa Berkarya UNEJ. Setiap informasi beasiswa diperbarui secara berkala kepada mahasiswa dan diunggah melalui laman website.

Jumlah penerima beasiswa dalam 3 tahun terakhir sejumlah 453 orang, antara lain Beasiswa BI 11 orang, Beasiswa Fungsionaris 48, Beasiswa Beasiswa Tracer Study 6 orang, Beasiswa Berkarya 6 orang, Beasiswa PPA 103 orang, PIPK dan Bidikmisi 277 orang, Banyuwangi Cerdas 2 orang.

Kesehatan
Setiap mahasiswa Prodi Ilmu Hukum FH UNEJ mendapatkan fasilitas untuk mengakses kesehatan yang terpusat pada UNEJ Medical Center. Setiap mahasiswa yang telah memiliki kartu mahasiswa dapat secara langsung mengakses layanan kesehatan yang disediakan oleh UNEJ Medical Center 24 jam berupa pelayanan dokter umum, pelayanan dokter gigi dan pelayanan laboratorium.

Merujuk keterampilan yang dirilis oleh World Economic Forum, Prodi Ilmu Hukum FH UNEJ berfokus pada penanaman keterampilan mahasiswa agar memiliki keterampilan sebagai berikut:

  1. Keterampilan penyelesaian permasalahan kompleks;
  2. Keterampilan berpikir kritis;
  3. Keterampilan kreatif;
  4. Keterampilan manajemen sumber daya manusia;
  5. Keterampilan koordinasi tim;
  6. Keterampilan kecerdasan emosional;
  7. Keterampilan dalam pembuatan keputusan;
  8. Keterampilan orientasi pelayanan;
  9. Keterampilan negosiasi; dan
  10. Keterampilan fleksibilitas kognitif.

Keterampilan di atas menjadi perhatian utama Prodi Ilmu Hukum FH UNEJ melalui rangkaian kegiatan baik dalam bentuk pelatihan maupun integrasi kebijakan berbasis keterampilan tersebut. Akses untuk mendapatkan layanan tersebut berupa webinar rutin tentang manajemen diri, manajemen organisasi maupun prospek dunia kerja untuk mempersiapkan mahasiswa siap dengan tantangan yang dihadapi setelah mereka lulus.

Pembinaan karir dan kewirausahaan yang diberikan untuk menyiapkan mahasiswa siap dengan dunia kerja dengan membina minat dan jiwa mahasiswa dalam berwirausaha. Bentuk penyuluhan dalam pembinaan karir dan kewirausahan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan sosialisasi di bawah koordinasi LP3M yang dilakukan minimal 2 kali dalam satu tahun.

Prodi Ilmu Hukum FH UNEJ juga menyelenggarakan kegiatan bimbingan karir bagi mahasiswa yang dikemas dalam UNEJ Law Edu and Job Fair yang diselenggarakan sekali dalam satu tahun. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang praktisi hukum, birokrat dan perusahaan dalam bentuk dialog dan diskusi. Selain itu, kegiatan ini juga menyediakan fasilitas booth bagi mitra kerjasama yang secara langsung dapat di akses mahasiswa. Mahasiswa dapat berkonsultasi langsung dengan masing-masing mitra tentang prospek dunia kerja dan lulusan untuk mendapatkan kerja di masing-masing instansi.

Untuk bimbingan kewirausahaan, Prodi Ilmu Hukum FH UNEJ menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan kepada mahasiswa dalam bentuk pelatihan dengan output untuk merintis usaha baru. Dari kegiatan ini, mahasiswa Prodi Ilmu Hukum FH UNEJ berhasil merintis beberapa usaha, seperti kafe, rumah makan maupun toko online. Untuk memberikan informasi dan bimbingan karir, mahasiswa yang telah lulus memperoleh informasi terkait lapangan pekerjaan melalui bursa tenaga kerja maupun Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) dan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Jember (IKA Fakultas Hukum UNEJ) yang dikoordinasi oleh Wadek III. Bimbingan karier juga diberikan melalui organisasi-organisasi kemahasiswaan baik berupa seminar, workshop atau pelatihan.

PRESTASI

akademik & non-akademik

PRESTASI

TIM PERCEPATAN

Peningkatan Prestasi

TIM PERCEPATAN