Pimpinan Fakultas Hukum beserta Ketua dan Sekretaris BPBH FH UNEJ, hadir dalam acara peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan peluncuran 13 Inovasi layanan Pengadilan Negeri Jember. Pada acara tersebut FH UNEJ, dianugerahi penghargaan  dari Mahkamah Agung (MA) melalui Pengadilan Negeri Jember atas Kolaborasi dan Akselerasi pemenuhan akses keadilan (acces to justice) bagi masyarakat melalui Pos Bantuan Hukum (Posbakum) maupun Posbakum Online, Selasa (28/06/2022).

Acara tersebut berlangsung di halaman depan kantor Pengadilan Negeri Jember. Hadir dalam acara tersebut Direktur jenderal dan Sekretaris Jenderal Badan Peradilan Umum, serta Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badan Peradilan Umum. Selain itu, Hadir pula Ketua Pengadilan Tinggi surabaya dan juga dihadiri Hakim Tinggi. Tampak hadir pula Forkopimda Kabupaten Jember serta Komandan Kodim 0824 Jember serta Ketua Kejaksaan Negeri Jember.

Penghargaan tersebut bukanlah tanpa alasan, pada desember lalu, FH UNEJ melalui Biro Pelayanan Bantuan Hukum (BPBH) mendapatkan Penghargaan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur. Piagam Penghargaan diberikan sebagai organisasi pemberi bantuan hukum terbaik  dalam kategori serapan anggaran pada tahun 2021.

Tak hanya itu, BPBH FH UNEJ pada akhir tahun lalu juga menjadi salah satu Organisasi Bantuan Hukum (OBH) dengan Akreditasi Unggul.  OBH dengan Akreditasi sebagai Pemberi Bantuan Hukum dengan masa periode Tahun 2022-2024. Dimana BPBH FH UNEJ merupakan satu diantara 14 OBH yang tercatat sebagai OBH “Terakreditasi A”.

Pada tahun 2021 lalu BPBH FH UNEJ tercatat dapat memberikan 432 Pelayanan. Pemberian layanan yang diberikan oleh BPBH selama ini tidak hanya litigasi, tapi juga layanan non litigasi, seperti konsultasi gratis bagi masyarakat kurang mampu yang berhadapan dengan persoalan hukum. Dimana yang berperan didalamnya tidak hanya dari unsur advokat tapi juga  para legal, termasuk juga para dosen dan mahasiswa yang memberikan pengabdian terhadap masyarakat.

Dikutip dari pesan singkat pimpinan kepada semua civitas akademika FH UNEJ. Atas penghargaan tersebut Dekan FH UNEJ merasa senang dan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak khususnya bagi sivitas Akademika yang telah bergotong royong membangun lembaga selama ini, Ujar Bayu Dwi Anggono.

Ia juga menyampaikan terima kasih khusus kepada Biro Pelayanan dan Bantuan Hukum (BPBH) FH UNEJ. “Semoga pemberian penghargaan ini akan semakin menambah motivasi dalam penyelenggaraan Tri Dharma Khususnya pengabdian bagi masyarakat oleh FH UNEJ,” Tutup Dekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian