Fakultas Hukum Universitas Jember (FH UNEJ) yang memiliki Slogan Ilmu, Amal, Integritas berhasil mencatatkan diri pada pemeringkatan Akreditasi Nasional dengan status Unggul. Akreditasi tersebut pada pemeringkatan Program Studi Ilmu Hukum Program Sarjana Universitas Jember, Kamis (4/08/2022).

Status peringkat akreditasi Unggul, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 5194/SK/BAN-PT/Ak/S/VIII/2022. Akreditasi Unggul program S1 FH UNEJ tersebut, tercatat dalam ketetapan yang dikeluarkan BAN-PT sejak selasa 2 Agustus 2022 dan berlaku hingga 2 Agustus 2027. Hasil pemeringkatan diperoleh, setelah dilakukan Asesmen lapangan oleh Tim Asesor BAN-PT yang belangsung selama 2 hari, pada tanggal 22 Juli 2022 s.d. 23 Juli 2022 yang lalu.

“Atas nama pimpinan FH UNEJ kami ucapkan terima kasih atas kerja keras dan gotong royong kepada semua pihak selama proses penyiapan maupun pelaksanaan visitasi akreditasi ini. Kepada segenap jajaran pimpinan UNEJ, pimpinan FH UNEJ, tim satgas akreditasi, pimpinan tenaga kependidikan, para tenaga kependidikan, para mahasiswa, serta para alumni semoga Tuhan YME yang akan membalas segala kebaikan bapak/ibu sekalian,” Tutur Dekan FH UNEJ Bayu Dwi Anggono dalam pesannya.

Dekan juga berharap dengan predikat unggul yang diperoleh FH UNEJ, semakin meningkatkan reputasi FH UNEJ. Ia juga berharap “dengan capaian ini, dapat menjadi stimulus untuk menambah semangat pengabdian seluruh keluarga besar FH UNEJ untuk terus meraih prestasi dan mengabdi bagi negeri,” Ujarnya.

Dalam kesempatan yang lain, ia memberikan kesan yang amat dalam pada tim satgas akreditasi. “Perjalanan kita bersama saat awal mempersiapkan akreditasi tentu tidak mudah. Karena adanya instrumen penilaian akreditasi yang baru, saat penyiapan LKPS dan LEDPS juga demikian. Naik turunnya sokongan batin kita menjadi tantangan tersendiri. Belum lagi saat menunggu visitasi dan pelaksanaan visitasi lapangan secara daring dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada,” Kesan Bayu Dwi Anggono.

Namun demikian, lanjut dekan, berkat gotong royong Tim di bawah kepemimpinan bapak Mardi Handono sebagai ketua dan Ibu Dina Tsalist Wildana sebagai sekretaris serta koordinasi dan supervisi oleh pimpinan FH UNEJ, kita bisa lalui dan menjawab semua tantangan itu. “Untuk itu rasa hormat dan terima kasih setinggi-tingginya saya sampaikan kepada bapak/ibu Tim Akreditasi. Secara khusus ia juga sampaikan terima kasih kepada Dr. Siti Komariyah yang mendampingi proses akreditasi sejak awal.

“Akhirnya Akreditasi Unggul yang FH UNEJ dapatkan dipersembahkan bagi semua pihak yang telah mendharma baktikan dirinya dengan penuh keyakinan untuk terus berbuat. “Sekecil apapun perbuatan tersebut semata-mata demi kemajuan FH UNEJ,” Tutup Bayu Dwi Anggono, Dekan sekaligus guru besar FH UNEJ tersebut.

Wawancara yang dilakukan Tim media FH UNEJ dengan bapak Mardi Handono selaku Ketua Tim Satgas Akreditasi, bahwa ia ditugaskan sebagai ketua satgas sejak Nopember 2020. “Tim ini terdiri dari 18 orang dosen yang didukung oleh seluruh komponen di UNEJ mulai dari tenaga kependidikan, Tata Usaha di FH UNEJ maupun berbagai badan di UNEJ seperti UPTTI, LP2M UNEJ, dan LP3M,” Ungkapnya.

“Bahwa proses itu setidaknya terdapat 5 tahap yang kami konsep. pertama pembagian kerja, Secara garis besar pembagian kerjanya melibatkan Dekan, para Wakil Dekan I hingga  Wakil Dekan III yang membidangi Akademik, Keuangan, Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, dan PIC masing-masing kriteria dari kriteria 1 sampai kriteria 9. Kedua Penyusunan jadwal Kerja Tim Satuan Tugas Akreditasi, Agar laporan evaluasi diri dapat selesai tepat waktu,” Tutur Mardi Handono, Dosen sekaligus Ketua Satgas Akreditasi tersebut.

Lanjut ketua satgas, yang ketiga Pengumpulan Informasi, Verifikasi dan Validasi Data. Proses ini melibatkan satuan kerja diluar FH UNEJ seperti LP2M, LP3M, UPT-TI, Termasuk memanfaatkan Sistem Informasi Terpadu (SISTER). langkah berikutnya kami melakukan Analisis data dengan menggunakan metode SWOT. Langkah terakhir Evaluasi baik sistem Evaluasi Internal dan Evaluasi Eksternal. Evaluasi diri ini disusun oleh Tim Satuan Tugas dan dievaluasi oleh GPM FH UNEJ dan LP3M UNEJ.

Ketua satgas juga menyampaikan pesan-kesannya. “Bahwa modal kesuksesan adanya kepercayaan antar tim, hal itu tercermin dengan support dan bahu-membahu antar tim satgas akreditasi. Ia juga menyampaikan rasa bangganya atas kinerja tim yang tidak pernah lelah dan tidak mengenal waktu walaupun hari libur  dalam menuntaskan tugas-tugasnya. Semata-mata untuk memperjuangkan agar FH UNEJ mendapatkan Akreditasi Unggul. “dan juga saya bangga kepada Pimpinan Fakultas Hukum (dari Dekan dan Wakil Dekan) dan Tenaga Kependidikan yang selalu mensuport kinerja Tim Akreditasi sehingga Fakultas Hukum mendapat Akreditasi Unggul,” Kesannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian