Biro Pelayanan Bantuan Hukum (BPBH) Fakultas Hukum Universitas Jember (FH UNEJ)  menerima kunjungan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Widya Gama Mahakam Samarinda. Kunjungan yang berlangsung di BPBH tersebut berlangsung pada siang hari setelah pelaksanaan ibadah sholat jum’at, (08/07/2022).

Kunjungan yang dilakukan oleh tim LKBH Widya Gama tersebut, disambut langsung oleh Ketua dan Sekretaris BPBH FH UNEJ, beserta personel BPBH dari unsur mahasiswa. Para tamu kunjungan langsung di persilahkan duduk sebelum kemudian menyampaikan presentasi singkat perihal kunjungannya dalam rangka studi banding ke BPBH FH UNEJ.

Permohonan studi banding oleh LKBH Widya Gama tersebut di sampaikan sejak bulan Juni lalu. Dalam permohonannya, LKBH berencana melakukan studi banding terkait bentuk hubungan OBH secara internal dan eksternal. Lalu bentuk ketersediaan Fakultas, Dosen dan mahasiswa, termasuk juga mengenai pengelolaan administrasi dan keuangan BPBH. serta bahan studinya terkait pertanggungjawaban dalam kegiatan litigasi dan Non litigasi.

Pada saat temu hearing terkait studi banding yang diajukan oleh LKBH Widya Gama, Ketua BPBH Fiska Maulidian menyampaikan presentasi perihal seputar program dan aktivitas BPBH FH UNEJ. Hal-hal yang disampaikan seputar profil BPBH, manajemen OBH serta SOP-SOP seputar pelaksanaan program pelayanan yang di berikan BPBH.

Tim LKBH Widya Gama juga menyampaikan bahwa OBH yang dikelolanya saat ini terakreditasi B. bahwa juga tim kunjungan menyebutkan bahwa LKBH merupakan satu-satunya di Kalimantan Timur yang memiliki akreditasi B sejak tahun 2016. Selain itu juga mereka menyampaikan perihal prosedur bantuan hukum oleh LKBH.

“Setiap orang yang memiliki SKTM harus difilter karena syarat anggaran yang ditentukan di kanwil berbeda dengan kondisi anggaran dalam kalimantan timur. Sehingga penentuan diterimanya bantuan hukum SKTM ditentukan oleh jarak minimal. Salah satu persoalan di sana seringkali anggaran tidak terserap dan kembali ke pusat dan menjadi sorotan. Sehingga dengan adanya studi banding ini dapat menjadikan bekal agar dapat meningkatkan akreditasi,” Ujar Tim dari LKBH tersebut.

Dalam sesi temu dan diskusi dari LKBH Widya Gama bersama BPBH FH UNEJ, menggali informasi seputar manajemen SDM termasuk dalam hal keterlibatan mahasiswa. Termasuk pengelolaan keuangan/honor bagi tim BPBH – termasuk untuk Advokat atau pembiayaan operasional BPBH.

Selain itu juga sharing seputar standar rekrutmen baik mahasiswa ataupun advokat yang bergabung dengan BPBH. Termasuk juga sharing seputar kegiatan non litigasi seperti juga seputar konsultasi yang diberikan BPBH. Bahkan target yang perlu dicapai, termasuk pendanaan yang tidak tercover dana karena melebihi target dari kanwil. Hal lainnya, yang di konfirmasi dan di gali informasinya seputar pengelolaan dan manajemen Posbankum FH UNEJ di Pengadilan Negeri Jember.

Selain sharing seputar aktivitas dan manajemen BPBH, Pengurus BPBH mengajak ke-empat tamu kunjungan dalam rangka studi banding, mengelilingi kampus FH UNEJ. termasuk juga berkeliling memperkenalkan sarana dan prasarana penstudi hukum di FH UNEJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian