Pada pagelaran lomba Video/Vlog Orasi Kebangsaan, Mahasiswa FH UNEJ Angkatan 2021 Chintya Dwi Lestari meraih Juara 3 Lomba Orasi Tingkat Nasional. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Gayatama FISH UNESA 2022. Tema yang diangkat pada lomba orasi ini, “Meningkatkan Perekonomian di Era Recovery Covid 19 Guna Mengatasi Kelangkaan dan Tingginya Harga Bahan Pokok”.

Berdasarkan keterangan yang diberikan Chintya, bahwa  Lomba orasi kebangsaan tersebut dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa-mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia. “Lomba orasi ini ditujukan sebagai kontribusi para pemuda Indonesia di era pandemi dalam mewujudkan bangsa yang tumbuh berpedoman pada nilai luhur bangsa Indonesia,” Terang Chintya.

Pada kesempatan tersebut dengan menyesuaikan tema lomba, topik yang ia angkat sebagai judul orasi yaitu “Ambil Aksi Agar Tidak Menjadi Korban Akibat Kelangkaan Bahan Pokok yang Melonjak Tinggi”.Menurutnya, topik tersebut berdasarkan hasil olah pikir dan imajinasinya yang terinspirasi dari realitas sosial yang ia jumpai di tengah-tengah masyarakat.

Mendekati hari-hari pengumpulan video lomba, sekitar menjelang satu minggu, ia kemudian membuat naskah teks orasinya. Berdasarkan penuturan Chintya teks tersebut, ia berhasil rampungkan dalam waktu sehari. ditengah-tengah menyelesaikan proses pembuatan karya tersebut ia sempat mengalami sakit hingga ia baru bisa rampungkan untuk teks Video pada hari H menjelang pengumpulan Video, hingga akhirnya hasil video ia serahkan pada pihak panitia.

Pada hasil seleksi babak pertama, pada tanggal 16 Juni 2022 panitia mengumumkan hasil seleksi 7 besar, dan Chintya perwakilan dari FH UNEJ berhasil menempati posisi nomor urut 2 – pada skor penilaian sementara yang dihasilkan. Babak seleksi selanjutnya, yaitu tahap presentasi, dimana dari 7 besar dipilih 3 besar sebagai pemenang lomba.

Lomba dinilai, lanjut Chintya, berdasarkan Kesesuaian video orasi dengan tema, Penyampaian materi orasi, Kesesuaian intonasi dan ekspresi dalam membawakan materi, serta Kesopanan dalam berpakaian dan latar belakang tempat orasi.

“Setelah pengumuman keluar maka saya mempersiapkan bahan untuk presentasi, waktu telah tiba tepat pada tanggal 17 Juni 2022 seleksi 3 besar dilaksanakan semua peserta dipanggil sesuai dengan urutan pemenang dan pada saat itu pula saya menampilkan semaksimal mungkin. Acara seleksi pun selesai pada pukul 12 siang dan pengumuman juara 1,2,3 diumumkan pada pukul 15.30 sore, Ujar Chintya.

Setelah melalui tahap demi tahap dalam proses lomba, Chintya akhirnya berhasil menggapai hasil lomba pada posisi juara 3. “Walaupun sedikit menurun dari dua ketiga, hasil tetap disyukuri. Dengan harapan next event saya mampu menjadi yang pertama dan mampu untuk memotivasi teman-teman serta membawa nama harum fakultas hukum universitas jember di ajang internasional,” Ungkap Chintya yang hampir genap satu tahun menjadi mahasiswa FH UNEJ tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian