Momen Dirut BPJS Ketenagakerjaan Wefie bersama Pimpinan dan peserta Forum Program PST

Dalam satu moment, FH UNEJ Selenggarakan Puncak Merdeka Fest FH UNEJ 2022 sekaligus Launching Program Professional Talk Series (PTS). Pada kesempatan itu pula FH UNEJ kembali menorehkan prestasi, yaitu mendapatkan apresiasi dari BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk Penghargaan. Acara tersebut di gelar di Auditorium FH UNEJ, Sabtu (27/08/2022).

Icon penting dalam acara tersebut, diresmikannya Program Professional Talk Series. Selain mengumumkan hasil dari lomba kegiatan Merdeka Fest, juga ini merupakan awal program PTS berlangsung selama satu tahun kedepan. “Acara ini memiliki arti penting dan bermakna. Mengingat program ini, merupakan bentuk kegiatan FH UNEJ untuk senantiasa beradaptasi dan berinovasi. Upaya tersebut  dalam rangka menghasilkan lulusan unggul yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat,” Ujar Bayu Dwi Anggono, Dekan FH UNEJ dalam Sambutannya.

“Program Professional Talk Series merupakan program intensif yang diselenggarakan oleh FH UNEJ. Program ini menghadirkan para narasumber profesional yang fokus dalam bidang pengembangan SDM tanpa harus  berlatar balakang Pendidikan hukum. Sehingga program ini, diharapkan memberikan manfaat yang bisa ditransformasikan oleh para narasumber kepada mahasiswa berkaitan dengan motivasi, kiat-kiat dalam dunia kerja serta pengalaman pembicara atas profesi yang ditekuninya,” Ucap Dekan.

Program PTS ini, lanjut Bayu, merupakan jawaban atas Kebutuhan Lulusan Perguruan Tinggi  yang dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. salah satu dari keempat keterampilan ini tidak dimiliki mahasiswa, bisa berdampak pada mutu lulusan. Oleh Karenanya menurut Bayu, selain Tri dharma perguruan tinggi, Maka Program PTS ini salah satu wujud upaya inovasi kegiatan sebagai suplemen tambahan.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo, sekaligus bertindak sebagai Pembicara pertama dalam program PTS tersebut. Dirut BPJS ini juga bersama-sama dengan Dekan FH UNEJ Bayu Dwi Anggono melaunching program Professional Talk Series FH UNEJ. Dirut BPJS Ketenagakerjaan – mantan Wakil Direktur Utama BNI- ini, sebelumnya memberikan orasi wisuda dalam upacara wisuda periode I tahun akademik 2022/2023 Universitas Jember.

Ditengah-tengah Wisuda, Anggoro Eko Cahyo menyerahkan piagam penghargaan kepada FH UNEJ. Apresiasi diberikan dalam rangka Fakultas Hukum menjadi mitra kerjasama BPJS Ketenagaakerjaan terutama dalam menyusun Buku Putih BPJS Ketenagakerjaan. Piagam diserahkan kepada Rektor yang didampingi Dekan Fakultas Hukum. Penghargaan ini diberi­kan, karena FH UNEJ telah melakukan pengkajian, pe­latihan, publi­ka­si dan diseminasi bidang hu­kum jaminan sosial kete­na­gakerjaan.

“Sepanjang usia BPJS Ketenagakerjaan yang pada tahun ini memasuki usia 46 tahun. Baru kali ini BPJS Ketenagakerjaan me­miliki Buku Putih yang men­jelaskan kebijakan BPJS Kete­na­gakerjaan. Hal ini menjadi bukti kualitas dan kompetensi sivitas akademika Universitas Jember,” Tutur Anggoro Eko Cahyo, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan periode 2021-2026 tersebut.

“Prof bayu banyak membantu BPJS ketenagakerjaan sebagai penyelenggara jaminan sosial. BPJS banyak sekali mengalami permasalahan-permasalahan Hukum, tetapi kami memerlukan pakar-pakar yang membuat kita lebih percaya diri. Salah satu outputnya, yang saya lihat diperpustakaan yaitu Buku putih mengenai BPJS ketenagakerjaan dan ini dipimpin langsung oleh Prof. Bayu,” Ujar Dirut BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Mantan Wakil Direktur Utama BNI tersebut, juga mengucapkan selamat atas dilaunchingnya Program PTS ini. Menurutnya Program ini sangat bagus. “saya rasa teman-teman harus balance antara ilmu-ilmu yang dikuasai dengan bidang lain yang perlu dikuasai terkait Sumber Daya Manusia. Poinnya begini ada kekhawatiran teman-teman di FH UNEJ sangat spesifik hukum tapi tidak berfikir suatu saat nanti jadi pimpinan. Sehingga leadership menjadi ilmu yang sangat penting bagi seorang profesional kalaupun teman-teman seorang profesional juga harus memiliki kepemimpinan dan manajemen yang baik,”Ungkapnya.

Pada kesempatan berbeda, Dekan FH UNEJ mengucapkan rasa syukur karena FH UNEJ kembali menorehkan prestasi. Pasalnya,  BPJS Ketenagakerjaan memberikan penghargaan atas kontribusi SDM FH UNEJ dalam pengkajian, pelatihan, publikasi dan diseminasi bidang Hukum Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan saat Wisuda UNEJ dan Launching Program Profesional Talk Series. “Semoga penghargaan ini semakin meningkatkan reputasi FH UNEJ serta makin memberikan semangat bagi segenap SDM FH UNEJ untuk terus berkarya bagi negeri. Terima kasih segenap warga FH UNEJ,” Ucap Dekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian