Perjalanan panjang sosok muda berbakat Bella Adinda Purwasaputri yang terpilih sebagai Winner Miss Beauty Jawa Timur 2022. Bella merupakan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember Angkatan 2020. Bella selain Peraih Juara 1, ia juga sekaligus di dapuk sebagai Puteri Hutan Jawa Timur 2023.

Sebelum ia meraih penghargaan sebagai pemenang Miss Beauty Jawa Timur 2022. ia menceritakan perjalanan panjangnya dalam proses tersebut. Berdasarkan penuturan Bella, ia sebelumnya pada tanggal 19 januari mengikuti pemilihan Miss Beauty Kota Malang. Setelah mengikuti berbagai rangkaian acara pada event tersebut, kemudian pada tanggal 13 februari merupakan acara penentuan yaitu acara grand final. Pada acara grand final itulah, ia terpilih menjadi Winner Miss Beauty Kota Malang 2022.

“Tidak hanya berhenti disitu, kemudian setelah diadakan audisi dengan pemenang diberbagai daerah (kota/kabupaten) pada saat pemilihan region. Kemudian diseleksi kembali sebagai finalis untuk menuju tingkat provinsi. Hasil seleksi menentukan 26 orang terpilih, untuk melaju pada babak pemilihan Miss Beauty Jawa Timur 2022, termasuk saya,” Ujar Bella Adinda, Mahasiswa yang akan menginjak semester 5 tersebut.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh tim media FH UNEJ, bahwa perjalanannya sejak bulan Februari 2022 hingga Agustus 2022 para finalis termasuk dia didalamnya, harus mengikuti berbagai macam challenge. Menurut  Bella total terdapat 7 challenge sebagai penilaian pihak panitia. Atas dasar penilaian tersebut, panitia dapat menilai sebagai penentu Рpara finalis konsisten atau tidak.

Selain itu, lanjut Bella, juga terdapat karantina online yang diselenggarakan panitia selama 3 hari yaitu pada tanggal 1 hingga tanggal 3 agustus 2022. Sedangkan karantina langsung (offline) diselenggarakan selama 2 hari, yang berlangsung pada tanggal 6 hingga tanggal 7 agustus 2022.

Pada tanggal 7 Agustus 2022 itulah, babak penentuan Juara. Karena pada hari itu diadakan grand final bagi para peserta. Pelaksanaan grand final berlangsung di Grand City Mall Surabaya. Sistem pemilihan pada pentas Miss Beauty Jatim 2022 tersebut, dilakukan dengan sistem penyisihan. Babak penyisihan berlangsung, pemilihan menyisakan 16 besar. Berikutnya hanya menyisihkan 12 besar, hingga akhirnya tersisa 8 besar.

“Delapan besar yang terpilih tersebut terdiri dari Winner/forest, social, culture, tourism, environment, muslimah, runner up 1, runner up 2. ” Alhamdulillah saya terpilih menjadi Winner Miss Beauty Jawa Timur 2022 sekaligus Puteri Hutan Jawa Timur 2023. Nantinya akan ada press conference yang akan digelar pada bulan Januari 2023, Tutur Bella Adinda Purwasaputri.

Pada press conference tersebut, lanjutnya, dilakukan tanda pemasangan selempang Puteri Hutan Jawa Timur 2023. “Selain itu, pada tahun depan sekitar bulan Juli saya akan mewakili Jawa Timur di ajang pemilihan Puteri Hutan Indonesia 2023 di Palu, Sulawesi Tengah,” Tutup Bella, Mahasiswa FH UNEJ tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian