Dalam rangka mendorong peningkatan Penulisan Ilmiah dan Publikasi Dosen, Fakultas Hukum Universitas Jember (FH UNEJ) menyelenggarakan “Pelatihan Teknik Penulisan dan Publikasi Artikel Terindeks Scopus”. Kegiatan tersebut diselenggarakan di ruang konferensi gedung Unej Law Integrited Legal Edu, Kamis (1/12/2022).

Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua sesi yang menghadirkan empat pembicara. Dua Narasumber pelatihan berasal dari luar negeri dan dua berikutnya berasal dari dalam negeri. Pada sesi pertama pelatihan dipandu oleh dua narasumber luar negeri, yang sebelumnya juga mengisi acara seminar internasional pada pembukaan acara konferensi internasional. Sesi kedua di pandu oleh pemateri dalam negeri.

Melihat rangkaian acara tersebut, pada masing-masing sesi kurang lebih pelatihan berlangsung selama 3 jam. Kegiatan dimulai pukul 9.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB sore. Sebelum pelatihan dimulai, dekan FH UNEJ Prof. Bayu Dwi Anggono memberikan sambutan pada pelatihan tersebut. Sedangkan yang membuka acara pelatihan yakni Wakil Rektor I Prof. Slamin.

Pelatihan yang diikuti oleh para dosen FH UNEJ tersebut, Pembicara yang berasal dari dalam negeri yakni Dr. Abdul Kadir Jaelani, S.H., M.H. dari Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret dan Dewan Editor di Bestuur Journal. Serta Annalisa Yahanan, S.H., M.Hum. dari Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya dan Pemimpin Redaksi di Sriwijaya Law Review. Adapun para narasumber dari luar negeri yaitu Masahiro Suzuki, Ph.D. selaku pembicara dari Central Queensland University, Australia. Kemudian Dr. Duc Quang Ly, selaku pembicara dari Thammasat University, Thailand.

Dekan FH UNEJ dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan semacam ini menjadi sesuatu yang amat penting, khususnya di kalangan akademisi. Menurutnya, pelatihan ini diselenggarakan, sebagai bagian dari komitmen pimpinan FH UNEJ untuk meningkatkan penulisan ilmiah dan publikasi di antara dosen FH UNEJ.

“FH UNEJ percaya bahwa perlu untuk mengadakan pelatihan ini yang bertujuan untuk mempertajam penelitian kami dalam hal kualitas dan kuantitas. Selain itu, kami berharap bahwa dosen di institusi kami dapat menghasilkan lebih banyak artikel ilmiah dalam jurnal yang terindeks Scopus. Untuk mencapai tujuan seperti itu, pelatihan ini akan menyediakan berbagai bahan dan strategi dalam menulis dan menerbitkan artikel di jurnal internasional terkemuka, Ujar Bayu Dwi Anggono selaku dosen dan pimpinan FH UNEJ tersebut.

Kami merasa terhormat, lanjut dekan, menghadirkan pembicara yang berpengalaman dan terkemuka untuk pelatihan hari ini. Hari ini merupakan hari yang istimewa dengan menghadirkan pembicara khusus. Pada kesempatan itu pula, mewakili lembaga Ia menyampaikan rasa terima kasih kami kepada pembicara. Ia juga menyampaikan Selamat datang di kampus “Ilmu, Amal, Integritas”, yang merupakan slogan FH UNEJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian