“FH UNEJ: Satu Rasa, Satu Karsa. Temu Alumni Nasional ini pada dasarnya dimaksudkan untuk membangun silaturahmi, mengenang memori dan pada akhirnya menciptakan sinergi.”

Fakultas Hukum Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan Temu Alumni Nasional. Berbagai angkatan lintas generasi hadir pada acara tersebut. Peserta yang hadir cukup membludak, kurang lebih sekitar tujuh ratusan Alumni. Rangkaian kegiatan temu Alumni ini berlangsung sejak pagi hari hingga sore hari, Sabtu (13/08/2022).

Rektor Melepas Peserta Jalan Santai

Senam Kesegaran Jasmani menjadi pembuka acara pada temu alumni tersebut. Mengenang lingkungan kampus, jalan santai keliling kampus juga digelar, ditandai dengan pelepasan pengibaran bendera oleh Rektor di dampingi Dekan FH UNEJ. Hiburan & ramah tamah, undian door prize, Alumni berbagi pada anak yatim dan apresiasi penghargaan pada cleaning service menjadi bagian rangkaian acara. Termasuk launching Pelayanan Terpadu FH UNEJ, serta Musyawarah Nasional sebagai Puncak Acara.

Tidak hanya disitu, Penayangan Video Teaser Temu Alumni Nasional dan Video Profil Fakultas Hukum Universitas Jember juga mewarnai sela-sela rangkaian acara. Tentu juga laporan Dekan Bayu Dwi Anggono selaku tuan rumah  disusul dengan Sambutan oleh Sekretaris Perwakilan Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) – Drs. Surapati. Dimana acara tersebut dibuka langsung oleh Rektor UNEJ Iwan Taruna.

Alumni Berbagi Bersama Anak Yatim & Cleaning Service

Setelah acara alumni berbagi, yang memberikan Santunan kepada anak Yatim Piatu dan Tali Asih kepada tenaga Cleaning Service (CS) FH UNEJ terdapat testimoni perwakilan Alumni. Prakata perwakilan Alumni tersebut disampaikan oleh Yang Mulia Suharto, S.H., M.Hum. Representasi Alumni dalam Profesi Bidang Yudikatif, Dr. Nurul Ghufron., S.H. M.H Representasi Alumni dalam Profesi Bidang Pendidikan/Dosen, dan Sonny Tri Danaparamita S.H Representasi Alumni dalam  Profesi Bidang Legislatif.

Selengkapnya Tonton Video pada Akun YouTube FH UNEJ: Temu Alumni Nasional FH UNEJ

Dekan FH UNEJ Bayu Dwi Anggono dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara Temu Alumni telah dipersiapkan sejak kurang lebih 3 bulan yang lalu. Kepanitiaan oleh FH UNEJ ini dibawah koordinasi dengan Pengurus Pusat KAUJE. “Berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam Temu Alumni Nasional ini pada dasarnya dimaksudkan untuk membangun silaturahmi, mengenang memori dan pada akhirnya menciptakan sinergi,” Ujarnya.

“Terselenggaranya kegiatan temu alumni nasional lintas angkatan ini pada dasarnya dilatarbelakangi oleh beberapa sebab, alasan Pertama bahwa antara perguruan tinggi dengan para alumninya sesungguhnya tidak dapat dipisahkan satu sama lain – saling membutuhkan. Alasan kedua, membangun hubungan erat antara kampus dengan para alumni- dengan saling menjaga silaturahmi. Alasan ketiga pengalaman dan praktik menunjukkan bagaimana kuat dan berdayanya organisasi alumni termasuk alumni fakultas hukum – sehingga diperlukan suatu forum yang dapat menfasilitasi pembahasan tersebut,” Ungkap Bayu Dekan FH UNEJ yang juga Alumni Angkatan 2000 tersebut.

Pada kesempatan ini, lanjut dekan, saya ingin menyampaikan kabar Bahagia, Pada tanggal 2 Agustus berdasarkan SK BAN-PT Program Studi (S1) Ilmu Hukum FH UNEJ memperoleh Akreditasi Unggul. ini merupakan jenjang tertinggi untuk peringkat akreditasi dari BAN PT. “Untuk itu, kami persembahkan peringkat akreditasi ini kepada Para alumni FH UNEJ dimanapun berada yang telah mendukung pencapaian akreditasi ini. Akreditasi unggul ini, merupakan dampak positif makin diperhitungkan kiprah alumni FH UNEJ di kancah nasional melalui berbagai ruang pengabdian,” Ungkapnya.

“Selain akreditasi unggul beberapa prestasi telah FH UNEJ dapatkan, diantaranya memenangkan Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021 dan 2022; Fakultas Terbaik Layanan Akademik dan Kemahasiswaan se-UNEJ tahun 2021; Fakultas Terbaik Prestasi Mahasiswa se-UNEJ tahun 2021; Fakultas dengan Mahasiswa Terbanyak di UNEJ Lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemendikbud Ristek 2022; memperoleh Penghargaan MA : Pemenuhan Acces to Justice Posbakum dan Posbakum Online tahun 2021,” Papar Bayu Dwi Anggono.

Lebih lanjut ia sampaikan prestasi FH UNEJ, Penghargaan Kementerian Hukum dan HAM Organisasi Pemberi Bantuan Hukum terbaik dengan serapan anggaran terbaik tahun 2021; Penghargaan Kementerian Kelautan dan Perikanan Penanganan dan Penyelesaian perkara uji materiil di MA tahun 2022; dan Penghargaan ATR/BPN atas kontribusi Mensukseskan Program Reforma Agraria melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi tahun 2021.

“Pada kesempatan ini kami juga mohon dukungan dan doa restu dari para alumni terkait agenda strategis FH UNEJ ke depannya. FH UNEJ saat ini tengah berjuang mengikuti visitasi pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dari Tim Penilai Nasional (TPN). Hal itu setelah sebelumnya telah lolos 15 besar Kemendikbud dari 90 unit kerja yang mendaftar. Selain itu, FH UNEJ mencanangkan tahun 2024 terakreditasi internasional. Dengan kerja bersama Insya Allah itu akan dapat kita capai. Untuk itu sebagai wujud gotong royong kami mohon para alumni utamanya yang baru lulus untuk dapat rutin dalam waktu yang ditentukan membantu mengisi Tracer Study,” Ungkap Bayu Dekan Sekaligus Guru Besar FH UNEJ.

Di penghujung sambutannya, Dekan mengajak para alumni dengan penuh rasa syukur, untuk bersama-sama sejenak melupakan segala aktivitas di tempat kerja maupun di rumah, dan mengisinya dengan kebersamaan dan keceriaan bersama-sama teman seperjuangan di masa lampau. Ia juga apresiasi 5 angkatan yang paling banyak hadir dalam acara Temu alumni FH UNEJ tersebut. “Yaitu angkatan 1986, angkatan 1979, angkatan 2014, angkatan 2010 dan alumni angkatan 1987,” Tutupnya.

Photo booth juga menjadi ikon dalam pertemuan tersebut. Para Alumni pada masing-masing angkatan juga mengabadikan moment temu alumni dengan foto bersama masing-masing angkatan. Disana juga disediakan fasilitas cetak langsung secara free. Hingga akhirnya acara yang digelar sesi pagi tersebut ditutup dengan pembagian doorprize, bernyanyi dan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian