Pada akhir pekan bulan Maret 2022, sivitas akademika FH UNEJ menutupnya dengan Gowes Perdana di sekitaran kota jember. Gowes ini diinisiasi rencananya akan berlangsung sebulan sekali, sebagai giat rutin sehat warga sivitas akamik, dilingkungan FH UNEJ, Sabtu (26/03/2022).

Gowes yang dilaksanakan mendekati bulan Ramadhan ini, rencananya akan diagendakan kembali setelah usai ibadah puasa. Titik start dan finish gowes yaitu di FH UNEJ sendiri. Berdasarkan arahan Dekan FH UNEJ, rute lajur gowes dari UNEJ kekanan sampai bundaran mastrip kekiri melewati jalan soedirman menuju alun-alun lurus melewati RRI, UNMUH kemudian tembus jalan jawa dan berakhir di fakultas.

Para sivitas cukup antusias dalam mengikuti gowes tersebut. Sekitar sejumlah 50 orang yang turut serta dalam kegiatan ini. Rute gowes di lalui dengan aman dan lancar hingga akhir. Kegiatan ini di tutup dengan sarapan pagi bersama yang telah disiapkan oleh fakultas. Acara yang dimulai dari jam 06.30 WIB berakhir sekitar jam 09.00 WIB.

Salah satu Dosen Yusuf Adiwibowo mengapresiasi program gowes bersama sivitas akademika ini, yang digagas oleh pimpinan FH UNEJ. Ia berkomentar bahwa program ini merupakan solusi alternatif, dimana selama pandemi aktivitas rutin dilakukan dengan gerak yang terbatas. Menurutnya, gowes ini diperlukan dalam menjaga stamina kesehatan agar kinerja lebih baik dan stabil.

“Menarik kegiatan ini, seiring proses pembelajaran dilakukan secara hybrid, menuju era new normal. Giat gowes ini bisa menjadi solusi alternatif menuju transisi tersebut, agar kondisi tubuh lebih cepat beradaptasi dengan kegiatan seperti yang dilakukan sebelum pandemi. Kegiatan ini sangat terasa betul manfaatnya bagi kesehatan, saya pun ketika ke kantor akhir-akhir ini sudah mulai membiasakan diri naik sepeda onthel,” Tutur dosen yang mengajar dijurusan perdata tersebut.

Terasa betul tadi, lanjut Yusuf Adiwibowo, nuansa kebersamaannya. Saya mengamati tadi selama proses gowes berlangsung,  kebersamaannya terasa sekali. Nuansa sikap saling tolong menolong dan membantu satu sama lain tercerminkan. Salah satunya saya liat tadi ada yang bantu mendorongkan sepedanya, khususnya yang sudah berusia dan belum gowes sebelumnya sangat terbantukan.

Komentar yang sama juga disampaikan oleh Wakil Koordinator Pokja Umum dan BMN FH UNEJ Umar Sabyan Muhammad,  Ia menyampaikan bahwa gowes ini digagas oleh dekan FH UNEJ. menurutnya, gowes ini merupakan kesempatan bagi para sivitas akademika untuk beraktivitas olahraga bersama. Ia merasa senang sekali karena biasanya kalau akhir pekan gowes sendirian. Program ini, lanjutnya, memberikan kesempatan gowes bersama dan lebih terarah daripada sendirian.

“Untuk gowes perdana ini, kami sudah siapkan segala sesuatunya, termasuk sepedanya. Kebetulan universitas memiliki beberapa buah sepeda onthel, dalam seminggu ini kami berkoordinasi dengan pihak universitas untuk melakukan peminjaman. Kami mempersiapkan sekitar 50 buah sepeda, untuk gowes hari ini. Alhamdulihah, sekitar 80% sepeda yang terpakai, sedangkan sebagian dari peserta gowes ada yang membawa sendiri,” Tutur wakil koordinator Pokja tersebut.

lebih lanjut Wakor Pokja memberikan gambaran terkait berlangsungnya gowes ini, para dosen, tendik maupun para cleaning service yang turut serta sangat sembringah dan antusias. Tadi cukup banyak peserta yang turut terlibat dalam gowes ini, namun mudah-mudahan lebih banyak lagi yang turut serta. Untuk sepeda sementara waktu pinjam universitas untuk menyiapkan bagi sivitas yang belum punya sepeda. mudah-mudahan FH UNEJ sudah punya sendiri sehingga tidak perlu lagi pinjam ke Universitas,” Harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian